Baru-baru ini, salah satu siswa saya meminta saran kepada saya tentang cara mempersiapkan diri untuk acara biathlon yang akan datang. Ini adalah pertama kalinya dia mengikuti acara tersebut dan berharap dapat menyelesaikannya dengan mudah. Ia prihatin dengan gaya renangnya karena gaya renangnya masih kurang efisien untuk berenang jarak jauh dan tingkat daya tahan tubuhnya yang rendah. Jadi apa cara untuk membangun daya tahan Anda dan berenang lebih lama dan lebih jauh?

Di bawah ini adalah poin-poin yang dapat Anda perhatikan.

1. Sempurnakan Gaya Renang Anda (Perayapan Depan)

Sebelum kompetisi atau acara renang apa pun, selalu efisien untuk menyempurnakan gaya renang Anda. Di bagian ini, saya menggunakan perayapan depan sebagai contoh karena selama acara seperti biathlon atau triathlon, perayapan depan adalah gaya yang disukai. Selama sesi renang saya, saya selalu berenang dengan lebar daripada panjang. Berenang dengan lebar akan memastikan saya untuk berenang dengan tenaga maksimal untuk jarak pendek dibandingkan dengan panjangnya. Latihan merangkak depan seperti berguling, berenang dengan satu tangan dan lainnya adalah latihan pilihan saya untuk menyempurnakan pukulan saya. Akan efisien jika Anda memiliki pendamping dengan Anda untuk berlatih. Mereka dapat membantu Anda menemukan teknik yang salah atau jika mereka tidak mahir berenang, mereka dapat membantu merekam aktivitas renang Anda. Dari video tersebut, Anda dapat melihat teknik Anda sendiri yang salah dan memperbaikinya secara mental. Sebelum mencoba latihan, persiapkan diri Anda secara mental tentang hal penting yang perlu Anda catat untuk setiap latihan. Dalam latihan menggelinding, Anda harus memastikan bahwa tangan Anda harus lebih panjang dari tangan pengganti saat Anda memasukkannya ke dalam air. Fokus utamanya adalah memastikan bahwa bahu Anda harus berguling untuk menangkap jarak maksimum. Dalam sesi latihan ini, Anda juga melatih tingkat ketahanan Anda. Durasi latihan dapat ditingkatkan secara bertahap agar sesuai dengan level fisik Anda.

2. Tetapkan tujuan

Selama pelatihan saya untuk biathlon, saya selalu menetapkan target menyelesaikan berapa lap. Itu untuk memastikan bahwa saya fokus untuk menyelesaikannya. Anda akan kagum pada diri Anda sendiri betapa Anda dapat mendorong tubuh Anda ke batas ketika Anda telah menetapkan tujuan. Saya ingat suatu kali saya menetapkan target saya menjadi dua puluh lap di mana saya memahami bahwa kemampuan maksimum saya adalah lima belas lap. Dengan tujuan yang saya tetapkan, saya berhasil menyelesaikan dua puluh lap pertama saya dengan prestasi dan kebahagiaan. Meskipun, saya lelah berenang, saya merasakan pencapaian yang sangat berharga.

Berenang untuk jarak jauh membutuhkan kedisiplinan dan upaya untuk mencapainya. Sesi harus ditingkatkan secara bertahap untuk mencapai tujuan Anda. Terburu-buru untuk mendapatkan hasil akan menyebabkan lebih banyak kerugian daripada kebaikan. Yang terpenting, bersenang-senang sambil berenang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *