Spa renang atau kolam olahraga tersedia dalam variasi indoor dan outdoor. Sebagai pemilik spa renang, jika Anda memiliki balita atau anak-anak di rumah, Anda bertanggung jawab untuk memastikan keamanan spa yang diperlukan tersedia. Berikut adalah beberapa tindakan yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan spa renang Anda.

Amankan spa renang luar ruangan Anda

Sebuah pagar

Pagar yang memisahkan spa dari halaman sekitarnya akan mencegah anak-anak jatuh secara tidak sengaja atau tidak. Pagar harus tidak memiliki pegangan atau pijakan dan harus berdiri 4 kaki atau lebih tinggi. Jika dibuat menggunakan bilah vertikal, jarak di antara keduanya tidak boleh lebih dari 4 inci. Kandang berpagar harus dikunci saat spa tidak digunakan.

Alarm

Seringkali pagar saja tidak cukup untuk memastikan area spa aman. Dalam hal ini, menyiapkan sistem alarm berguna.

• Alarm pribadi – Alarm ini dipasang di lengan anak dan akan membunyikan alarm peringatan jika menyentuh air.
• Alarm spa – Ini dapat dicurangi sehingga berbunyi setiap kali pintu atau gerbang menuju area spa dibuka.
• Alarm perimeter – Sistem ini memiliki pancaran sensor gerak di sekitar spa. Alarm berbunyi saat seseorang berjalan melewatinya. Ini efektif bila digunakan bersama dengan pagar.
• Alarm permukaan – Alarm peringatan ini berbunyi jika seseorang memasuki air di spa. Namun, hal ini tidak terlalu efektif untuk anak-anak yang sering masuk ke dalam air tanpa mengganggu.

Penutup spa

Penutup pengaman spa menawarkan tingkat perlindungan tambahan. Meskipun dulu tipis, sarung hari ini yang dirancang untuk spa renang kokoh dan dapat dengan mudah menopang berat anak tanpa menyerah. Sarungnya menempel dengan kuat ke sisi spa dan tidak memberikan celah di mana anak-anak dapat masuk ke dalam air.

Amankan spa renang dalam ruangan Anda

• Gunakan penutup yang dapat dikunci – Beli penutup pengaman spa yang mengunci.
• Kunci kamar – Pastikan ruangan tempat spa Anda berada terkunci.
• Siapkan sistem alarm di ruangan- Lihat bagian di atas tentang ‘Alarm’ untuk detailnya.
• Pastikan bahwa pengguna spa renang yang lebih muda belajar bagaimana berenang.
• Didik anak Anda – Jika anak sudah cukup besar, ajari dia tentang semua kemungkinan bahaya yang berhubungan dengan penggunaan spa renang.

Aturan keamanan air utama untuk anak-anak

• Mereka tidak boleh memasuki spa atau kolam renang tanpa memberi tahu wali atau orang tua terlebih dahulu. Anak-anak tidak boleh diizinkan berenang tanpa pengawasan.
• Ajari anak Anda bagaimana membaca angka yang mewakili kedalaman di sisi spa atau kolam. Seringkali anak-anak terlalu bergantung pada orang tua untuk mengajar mereka di mana mereka boleh atau tidak bisa berenang. Ini adalah kesempatan yang baik bagi mereka untuk mempelajari apa yang sesuai dengan angka-angka ini dalam hal di mana kaki mereka dapat menyentuh lantai spa atau kolam renang.
• Jangan biarkan anak-anak Anda menggunakan rompi tiup atau alat pelampung. Mereka tidak selalu memastikan keamanan tetapi malah membuat Anda percaya bahwa semuanya aman padahal mungkin tidak demikian.
• Ajari anak-anak Anda cara meninggalkan spa atau kolam renang dengan aman. Anak-anak cenderung berenang ke arah orang dewasa ketika mereka ingin keluar dari air. Karena itu, sangat penting untuk mendidik mereka tentang berenang menuju pintu keluar yang benar seperti tangga di spa atau kolam renang.

Spa renang memberikan peluang besar untuk rekreasi dan kesehatan, tetapi masih bisa menjadi badan air yang berbahaya bagi anak-anak. Ambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membuat spa renang Anda aman dan ajarkan anak-anak Anda aturan dasar keamanan air untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *