Pada awal mulanya, ikan koi yang berasal dari Jepang ini digunakan bagaikan mengkonsumsi, tetapi saat ini ikan menawan ini dipelihara bagaikan ikan hias sebab warna serta rupanya yang sangat bermacam- macam serta tercantum dalam salah satu tipe tipe ikan hias air tawar.

Ikan koi yang masih tercantum tipe ikan mas ini mempunyai banyak tipe perbandingan dari dimensi, corak serta pula pola badan, buat corak ikan koi sangat bermacam- macam semacam warna putih, kuning, gelap, oranye, krem, merah serta pula biru.

Salah satu metode memelihara ikan koi yang kerap digunakan warga Indonesia merupakan memelihara di kolam rumah. Terdapat banyak tipe kolam yang dapat terbuat, tetapi yang kerap dipakai merupakan kolam beton

Kolam beton lebih disukai sebab tahan lama serta pula tidak memerlukan perawatan yang sangat susah. Kolam ikan koi ini terbuat dari kombinasi semen buat mengeraskan bilik kolam yang apalagi dapat tahan sampai puluhan tahun bila dirawat dengan baik. Buat kamu yang tertarik memelihara ikan hias tipe ini dalam kolam beton, berikut hendak kami bagikan sebagian metode memelihara ikan koi di kolam beton sepenuhnya bagaikan panduan.

Pembuatan Kolam Beton

Idealnya, dimensi kolam beton buat metode memelihara ikan koi merupakan 5 x 10 m dengan ketinggian air 100 sampai 120 centimeter. Perihal awal yang wajib kamu jalani merupakan menggali lubang di tanah serta memasang beton. Pasang pula saluran di bagian tengah kolam ataupun pula dapat dipasang bat ialah semacam kubangan sehingga dapat lebih gampang dikala panen. Setelah kolam siap, hingga wajib dibiarkan dahulu sebanyak 2 sampai 3 hari.

Kolam setelah itu ditambahkan dengan desinfektan dengan takaran 20 sampai 30 miligram/ liter kemudian perkenankan kembali sepanjang sebagian hari. Sehabis itu, kolam dapat diisi dengan air sebanyak 100 sampai 120 centimeter. Kolam yang telah siap setelah itu dapat ditambahkan dengan pupuk organik sebanyak 50% kemudian dibiarkan kembali sepanjang 2 sampai 3 hari sehingga plankton, kutu air serta pula lumut dapat berkembang dengan produktif ikan koi blitar .

Bilas Kolam Dengan Batang Pisang

Metode memelihara ikan koi di kolam beton, hingga kolam semen yang baru terbuat biasanya mempunyai bau yang tidak disukai ikan koi, buat itu wajib dibersihkan terlebih dulu dengan batang pisang. Dalam batang pisang memiliki getah yang dapat mengikat senyawa beresiko pada kolam beton yang baru. Potong batang pisang kemudian sikat ke seluruh permukaan samping serta pula dasar kolam.

Lanjutkan dengan mengisi air sampai penuh serta dikuras kembali keesokan harinya. Setelah berakhir dikuras, hingga sikat lagi kolam beton dengan batang pisang kemudian diisi kembali dengan air serta dibiarkan sepanjang 1 hari. Besok harinya dapat dikuras kembali serta telah siap buat digunakan memelihara ikan koi.

Bilas Kolam Dengan Air Mengalir

Metode lain yang dapat digunakan buat mensterilkan kolam ikan koi dari beton merupakan memakai arus air banyak serta deras. Perkenankan saluran air masuk serta keluar sehingga bermacam isi toksin pada bilik kolam sedikit demi sedikit dapat terbawa arus sampai kesimpulannya bersih seluruhnya. Air ini dapat dibiarkan mengalir sepanjang seminggu hingga kolam siap buat digunakan memelihara ikan koi.

Seleksi Induk Berkualitas

Indukan jadi salah satu perihal berarti dalam memelihara ikan koi karena dengan indukan yang baik hingga pula hendak membagikan generasi yang bermutu tercantum dalam budidaya ikan cupang koi. Biar tidak salah, kamu dapat membeli pada pencinta koi yang umumnya telah memelihara ikan koi dalam waktu lama baik hanya buat dipelihara ataupun turut dalam kontes.

Karakteristik karakteristik indukan yang baik antara lain merupakan telah berusia lebih dari 2 tahun, mempunyai wujud badan sempurna serta memiliki lekukan sehingga nampak semacam torpedo bila dilihat dari atas. Style berenang ikan koi pula wajib balance ialah tidak sangat lelet ataupun tidak sangat kilat.

Seleksi ikan koi yang bercorak cerah serta kontras dan tidak banyak diam di dasar kolam. Baik induk jantan ataupun betina wajib sama sama telah matang buat dikawinkan. Hendaknya pelihara induk jantan serta betina dalam kolam yang berbeda supaya tidak butuh pemberokan ataupun puasa buat dikwainkan.

Batasi Ikan Koi Dalam Kolam

Ikan koi ialah tipe ikan yang memerlukan ruang buat bergerak leluasa sehngga dapat berkembang dengan kilat serta sehat semacam pula metode memelihara ikan arwana. Memasukkan ikan koi sangat banyak dalam 1 kolam hendak membatasi perkembangan ikan koi sehingga wajib dicermati dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *